Labels

Tuesday, December 29, 2020

review film Sanju (2018): Kisah Hidup Aktor India Sanjay Dutt

 

Adakah yang mengenal sosok Sanjay Dutt? Bintang film terkenal Bollywood India. Kalau kalian penggemar film India, pasti pernah mendengar namanya, tapi kalau bukan, ya mari berkenalan dengan dia melalui film ini. Yup, film ini merupkan biografi dari Sanjay Dutt, dari awal karirnya, keterpurukannya dan dia mencoba bangkit dari keerpurukannya. Film Sanju disutradari oleh Rajkumar Hirani dan dibintangi oleh Ranbir Kapoor sebagai Sanju sera tayang di tahun 2018.

Film di awali dengan sosok DH. Triparti yang menulis biografi Sanju (nama panggilan Sanjay Dutt) dan menyamakannya dengan Mahatama Gandhi. Sanju yang terperangah kemudian mengusir Triparti dan mencari orang lain untuk menulis biografinya.

Isrinya, Manyata Dutt kemudian menghubungi Winnie Diaz (Anuska Sharma), seorang penulis yang tinggal di London untuk menulis biografi Sanju. Winnie awalnya tidak mau, tapi kemunculan Zubin Mistry yang melarangnya untuk membuat biografi Sanju justru membuatnya penasaran.

Winnie kemudian mewawancarai Sanju, dan kisah balik pun dimulai. Sunil Dutt, berencana mengenalkan Sanju ke public lewat filmnya Rocky di tahun 1981. Tindakan Sunil yang cenderung keras membuat Sanju menjadi kesal dan dia lari ke alcohol serta narkoba atas pengaruh temannya ,Zubin.

Suatu ketika Nargis, ibu Sanju, yang menderita kanker dibawa ke Amerika untuk menjalani pengobatan. Hal ini membuat Sanju semakin terpuruk dengan alcohol dan narkoba. Selama di Amerika , dia bertemu Kamlesh, penggemar nargis dan dengan cepat mereka menjadi teman baik.

Kamlesh berhasil membuat Sanju mengurangi kebiasaan buruknya. Namun kabar pacarnya, Ruby (Sonaam Kapoor) yang akan menikah membuat Sanju kembali terpuruk. Kamlesh meyakinkan Ruby untuk meninggalkan tunangannya dan menikah dengan Sanju, tapi di hari yang sudah ditentukan , Sanju dalam keadaan mabuk karena narkoba. Di saat itu dia mempermalukan Ruby sehingga Ruby akhirnya meninggalkannya.

Putus dengan Ruby membuat dia semakin kecanduan. Tapi kematian ibunya sebelum peluncuran Rocky membuat Sanju memutuskan mengikuti rehabilitasi di New York untuk melepaskan diri dari kecanduannya.

Saat rehabilitasi di Amerika. Tubuh Sanju menolak situasi yang ada dan berupaya untuk mendapatkan obat lagi. Sanju akhirnya melarikan diri dan pergi sejauh 1500 mil tanpa uang hanya untuk menemui sahabatnya, Kamlesh yang bisa membantunya meminjami uang unuk membeli obat. Butuh 12 hari untuk sampai ke New York. Dia akhirnya dijemput ayahnya, Sunil Dutt dari kediaman Kamlesh. Sanju akhirnya dibawa kembali ke rehabilitas untuk memulihkan kecanduannya terhadap obat.

Saat kembali ke India, dia menyadari bahwa selama ini Zurbin menipunya dengan menjual obat kepadanya sementara obat yang dia makan bukanlah obat melainkan bubuk glukosa.Pada ahun 1990an , Karir Sanju di Bolywood sudah meningkat pesat. Setelah pembongkaran Masjid Babri di tahun 1992, Sanju memperoleh senapan AK 56 untuk perlindungan ayahnya , yang sudah memasuki dunia politik, serta saudara perempuannya, Priya Dutt.

Serangkaian pemboman di Mumbai terjadi. Tak Lama, Sanju ditangkap atas kepemilikan senjata yang diduga dipasok oleh D-Company untuk diperdagangkan selama potensi kerusuhan komunal. Sanju dihukum penjara selama 5 tahun dan media massa India menganggapnya sebagai teroris. Karir sanju hancur dan Kamlesh yang percaya bahwa Sanju yang telah bersalah memutuskan hubungan dengannya.

Saa dibebaskan tahun 1995, karir Sanjut tidak kunjung cemerlang sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil peran di Munnai Bhai MBBS di tahun 2003. Film yang akhirnya mengantarkannya kembali ke masa kejayaannya. Dia mendapatkan penghargaan di Filmfare serta membuat ayahnya bangga.

Tak lama kemudian ayahnya meninggal. Di tahun 2006, Pengadilan Tinggi Bombai memutuskan Sanju bersalah berdasarkan Possesion of Arm act tapi dia tidak dituduhkan sebagai teroris. Dia bersalah karena pemilikan senjata. Di tahun 2013 ia ditangkap lagi dengan putusan yang sama . Sanjay meyakinkan Winnie dan kamlesh bahwa dia tidak bersalah dan media yang membuat imejnya sebagai seorang teroris. Di bagian akhir kita juga akhirnya bisa memahami kesalahpahaman yang terjadi antara Kamlesh dan Sanju sehingga membuat mereka terpisah lama.

Di akhir cerita, Sanju akhirnya mengetahui bahwa Winnie akhirnya menuliskan biografi dirinya yang berjudul Kuch Toh Log Kahenge. Dia berhasil keluar dari penjara dan bersatu lagi dengan Kamlesh sebagai sahabatnya dan Manyata, istrinya.

Film ini mengajarkan pada diri aku pribadi bahwa memiliki teman yang tepat akan membawa kea rah yang baik, tapi memilih teman yang buruk akan membawa ke jurang kehancuran seperti tokoh Zurbin yang menjerumuskan Sanju ke obat terlarang.

Tekanan  dan depresi bisa membuat kita ingin bunuh diri. Sanju yang mendapatkan tekanan karena nama besar ayah dan ibunya di dunia film membuat dirinya melarikan diri ke obat-obatan. Apalagi setelah kematian ibunya sangat berpengaruh ke dalam dirinya.

Akhir kata, selamat menonton film ini.

No comments:

Post a Comment