Labels

Wednesday, September 16, 2015

top words2, Inspirasi dari orang orang muda



Judul buku                          : Top Words 2
Penulis                                 : Billy Boen
Penerbit                              : B first ( PT Bentang Pustaka ) Yogyakarta
Tahun terbit                       : cetakan pertama Juni 2013
Tebal halaman                   : 200 halaman
Membaca buku ini adalah membaca bagaimana anak muda yang dibawah empat puluh tahun mencoba dengan segala kemampuan dan mampu menjadi pribadi yang berhasil dalam bidang pekerjaannya. Ya, bidang pekerjaannya karena dibuku ini tidak hanya ada orang orang yang terjun di bisnis tapi juga di bidang lain seperti menjadi pembawa acara, penulis ataupun menjadi sutradara. Tapi keberhasilan mereka karena mereka miliki etos kerja yang baik. Lewat buku ini kita bisa belajar perjalanan karir mereka, cara berpikir dan cara memimpindan karakter setiap tokoh ini sehingga mereka bisa berhsil dalam bidang pekerjaan mereka.

Di bagian akhir dari cerita seorang, selalu ada top pwords yang merangkum apa yang menjadi inti dari keberhasilannya selama ini. Hal hal yang sebenarnya sudah kita pahami namun manusia selalu lupa. Kisah di berbagai buku ini bisa jadi juga sangat berbeda beda,saya membaca mulai dari orang orang yang suka gonta ganti pekerjaan dalam kurun waktu tertentu karena tidak menemukan passionnya, atau orang yang dengan berani tidak melanjutkan kuliahnya dengan baik. Begitu juga ada kisah kisah tentang orang orang yang tidak terjun di bidang yang dabil sewaktu kuliah,namun dengan semangat belajar yang tinggi mereka justru menjadi orang yang ahli dalam bidang baru mereka.
Beberapa hal yang bisa saya rangkum mengena cara berpikirnya adalah , mengenai passion. Sungguh sangat menyengangkan apabila kita bekerja dengan passion kita, bukan sekedar bekerja karena memang itulah bidang yang kita pelajari waktu kita masih kuliah.hal ini seperti kisah Prita kemal Gani yang awalnya kuliah di perhotelan namun justru bekerja di bidang PR.begitu juga dengan Prabu Revolusi yang merupakan lulusan engineering namun justru bekerja sebagai Anchor. Hal yang bukan bidangnya namun semangat Prabu yang sangat tinggi dalam belajar sehingga dia menjadi Anchor yang baik. Hal yang mirip juga ada pada Andy F. Noya yang tidak melanjutkan kuliah , namun karena bakatnya di bidang jurnalistik sehingga dia belajar banyak hal , seringkali dia mengambil tugas bidang lain agar dia bisa banyak belajar dan menutupi kekurangannya.
Banyak dari orang orang ini yang sudah bekerja bertahun tahun dan sudah mapan di pekerjaannya dengan status yang tinggi tapi nekat meninggalkan pekerjaannya. Mereka berani keluar dari zona nyaman dan menantang dirinya sendiri agar bisa berkembang dan mengejar passionnya. Berapa banyak dari kita yang lebih memilih zona nyaman karena meninggalkan zona nyaman sama artinya meninggalkan segala kemudahan dan kenyamanan fasilitas, walau mungkin dalam zona nyaman ini kita sudah merasakan kejenuhan dan kekosongan, apalagi jika itu bukan yang menjadi hasrat kita, kita hanya bekerja bekerja dan bekerja , apalagi kita yang sudha memiliki keluarga, pasti akan berpikir seribu kali untuk meninggalkan pekerjaan kita demi impian kita.
Menjadi anak muda berarti menjadi pribadi yang harusnya out of the box dan memiliki tingkat kreatifitas yang luar biasa. Untuk menjadi pribadi yang berhasil kunciny hanya mau belajar. Ada tokoh tokoh ini yang percaya bahwa tidak ada orang yang bodoh, yang ada adalah mereka yang tidak mau belajar. Perkembangan dunia begitu pesat maka everyday is learning, terutama bagi anda yang bergerak di sector bisnis.
Membaca buku ini yang jelas member inspirasi bagi saya untuk bergerak maju dan mengembangkan diri lebih baik. Buku ini sangat menginspirasi bagi pembaca pembacanya, terutama bagi anak anak muda yang masih dalam proses menapak karir. Menjadi berhasil sukes tidak harus bekerja di perusahaan yang sudah mapan, tapi bisa lewat usaha sendiri asalkan kita memiliki kemauan yang besar untuk belajar dan mentalitas yang kuat.
Buku ini merupakan buku yang kedua, sayangnya yang pertama justru belum saya baca, dan saya sangat penasaran untuk membaca bukunya yang pertama mengingat yang kedua sukses dan menarik bagi saya. Buku ini berisi 30 tokoh yang berhasil di bidangnya masing masing, jadi otak kita tidak akan terpaku bahwa buku ini hanya untuk orang orang yang berkecimpung di dunia bisnis, tapi bisa juga di bidang lain, yang terpenting disini adalah dimana passion anda, dan itulah yang harus anda kejar dan lakukan. Bekerja akan sangat nyaman kalau itu sesuai dengan keinginan kita, bukan keinginan orang tua atau orang lain di sekitar kita.
Walau orang orang dalam buku ini berhasil, tapi jangan pernah kita mengcopi paste jalan keberhasilan mereka karena jalan hidup orang juga berbeda beda. Kita bisa belajar banyak namun juga menciptakan jalan kita sendiri. Dan menurut saya yang tertutama, kejarlah apa yang menjadi hasrat anda, bukan demi uang atau apapun, tapi anda bekerja karena anda sangat mencintai bidang tersebut. Asal kita bersungguh sungguh pasti ada jalan untuk berhasil, itu menurut saya lho. Akhir kata selamat membaca.

No comments:

Post a Comment