Labels

Tuesday, August 18, 2015

mengenali Tanda Tuhan dalam Hidup Kita



Judul buku                          : life Signs
Pengarang                          : Andre Raditya
Penerbit                              : PT Elex Media Komputindo
Tahun terbit                       : Jakarta 2011
Tebal halaman                   : 282 halaman
                Saya  penasaran dengan judulnya, apa sih maksudnya tanda tanda hidup itu? Apakah mirip dengan buku buku psikologi lain tidak. Akhirnya saya putuskan untuk meminjam buku ini di perpustakaan.  Jadi ya harus di baca dengan baik. Buku ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pembekalan, pelatihan dan penguatan diri.

Bagian pembekalan terdiri dari tiga bab, yang pertama pentingnya ada harapan dalam hidup kita yang kemudian harus dilanjutkan dengan bersikap optimis. Karena sikap optimis memupuk mental pemenang, sementara pecundang adalah seseoang yang bisa maju karena harus disemangati dulu. Hal yang kedua adalah membedakan antara keberuntungan, kebetulan atau nasib baik. Dua hal pertama seolah olah mengandalkan faktor luar, sementara nasib baik mengandalkan dari dalam dan disadari oleh seseorang. Misalnya daripada mengatakan kebetulan saya punya lima anak, lebih baik mengatakan puji Tuhan saya punya lima anak karena proses mmiliki lima anak kan kita sadari, bukan karena tidak kita sadari. Bagamana untuk memiliki nasib baik, maka kita harus melakukan yang terbaik dalam hidup kita, apapun itu untuk menjadi yang terbaik.  
Bab ketiga menjelaskan mengenai faktor X, sangat berbeda dengan pemahaman banyak orang bahwa faktor X ini  adalah sesuatu yang tidak terkontrol dan tiba tiba, maka faktor X yang dimaksud adalah partner kita secara spritiual, misalnya dengan ibadah, dengan Tuhan kita, dimana harus ada meeting yang intens dengan Tuhan kita dan membayar fee meeting dengan teratur, misalnya kalau Kristen ya perpuluhan, persembahan yang lain  atau membayar zakat sodakoh, dll. Di bagian tiga juga membahas bedanya buku ini dengan hukum the secret, karena kita harus meminta pada Allah kita, Tuhan kita tentang apa yang kita butuhkan.
Bagian penguatandiri juga terdiri dari tiga bab. Bab pertama membahas tentang mujizat pra manusia modern yang pointnya tentang kebebasan untuk memilih.  Pentingnya kita menjadi the winner, bukan competitor. Jika terlibat dalam suatu bidang yang sudah banyak orang melakukan yang sama, maka kita akan menjadi competitor, tapi kalau kita mengambil posisi dibidang yang belum banyak diambil orang maka kita akan menjadi the winner. Disini juga dibahas tentang life sign, bagaimana segala sesuatu tidak terjadi secara kebetulan. Bagaimana kita bisa jadi dipaksa untuk melakukan sesuatu yang tidak kita suka awalnya namun justru saat kita sudah memasukinya maka kita menjadi nyaman dan menyukainya. Dan itu kemudian ditambah dengan sikap positif. Sikap positif ini ditujukan bagi diri sendiri, orang lain, maupun terhadap Tuhan Kita.
Bab kelima tentang penguatan ini berisi bagaimana life sign itu memiliki pola, dalam setiap kejatuhan dan keberhasilan kita semua memiliki pola. Ada orang yang berkali kali jatuh terpuruk dalam hidupnya karena pada masalah yang sama. Dan ini mengingatkan pad akita pentingnya hal hal yang membuat kita tahu pola dalam diri kita kapan kita naik dan kapan kita jatuh dengan alasannya kenapa. Life sign akan terlihat jelas dalam hidup kita apabila kita mempelajari Sembilan hal berikut ini, yaitu siapkan diri untuk lebih mengerti, biarkan masuk ke dalam memori jangka panjang, lakukan tes dan bereksprerimenlah, ambilan waktu untuk masuk ke dalam dunia baru, berbicaralah dengan diri anda sendri, berkreaasilan dengan paksa, buatlah dunia anda sendiri, rekamlah setiap keliaran anda dan jangan takut.
Bab enam berbicara tentang BERHENTI, hal yang wajib dan perlu untuk dilakukan. Berhenti STOP dengan PAUSE adalah dua hal yang berbeda. Yang dimaksud adalah pause, untuk kemudian melanjutkan perjalanan kita, bukan memulai dari nol seperti kata stop. Bahkan dalam tujuh kebiasaan menurut Covey , pentingnya untuk mengasah kembali gergaji kita. Tiga tahapan berhenti menurut buku ini adalah dengan menyadari keberadaannya, miliki visi jauh ke depan, melupakan sejenak harga dri dan ego anda. Kita juga harus memahami konsep masalah, dimana masalah merupakan persamaan dari emas+allahdan ada banyak contoh bahwa masalah yang menimpa seseorang justru membuat orang itu akan naik ke level yang tinggi, misalnya donal trumph, yusuf Mansur, dll. Dan menghadapi masalah ini sangat boleh bagi manusia biasa untuk mengeluh asal mengeluh pada yang tepat, misalnya dengan TUhan kita.
Chapter ketiga berisi penguatan diri yang terbagi menjadi tiga bab, bab tujuh berisi cara untuk mempersenjatai diri kita dengan baik. Caranya adalah dengan memiliki mentor yang tepat. Kenapa kita membutuhkan mentor? Karena manusia tak bisa hidup sendiri, pelatih adakah motivator pribadi kita, dan pelatih memiliki jangkauan visi, serta adanya mentor sebagai jalan pintas kita. Juga untuk menunjukkan pentingnya kemahiran. Ada banyak orang yang sudah berpengalaman lama dalam suatu bidang tapi ternyata tidak mahir tentang pekerjaannya. Rumus untuk brhasil dalam bab ini adalah beXdo= have.
Awareness quotient adalah bab 8. Ini adalah pelajaran bagi kita untuk bersyukur dalam segala hal. Pentingnya sikap syukur ini karena akan memunculkan perasaan positif, emosi positif, dan ada pola piker mendapatkan (walau kita belum mendapatkan). Pada bab ini andre memberikan beberapa saran kepada kia untuk peduli terhadap setiap lembar kehidupan kita, dan berikan perhatian lebih pada orang di sekitar kita, memelajari kelebihan mereka. Kemudian kita juga harus memaksa diri untuk bersyukur dan jangan mengeluh. Berikutnya kita diminta untuk belajar menyiapakan diri selalu dan berbaik sangkalah kepada kehidupan ini.
Bab Sembilan menjelaskan bagaimana seperti ada suatu persamaan persamaan yang terjadi dalam hidup ini terjadi pada banyak orang yang terkenal. Suatu kesamaan yang akan membuat kita berpikir, kenapa bisa terjadi seperti itu, apakah itu kejadian yang disengaja atau memang itu rahasia alam?
Saya menyarankan untuk membaca dan membeli buku ini untuk menambah wawawan anda semua. Akhir kata selamat membaca.

No comments:

Post a Comment