Labels

Thursday, June 19, 2014

Sisi Lain maleficent oleh Disney




Maleficent? Siapa itu Maleficent? Dia adalah seorang penyihir jahat dalam kisah putrid tidur yang sangat legendaris. Film ini merupakan kisah putri tidur dari sudut pandang Maleficent, menceritakan seperti apa sosok penyihir ini dan apa yang membuat dia menjadi jahat. Film ini tentu saja mengambil angle  yang lain dari yang biasanya sudah dibuat dan diketahui oleh banyak orang.



Film ini diawali dengan keberadaan maleficent muda dnegeri Moor yang berbatasan dari kerajaan lain. Negeri Moor sangat indah dan membuat iri kerajaan lain sehingga kerajaan lain berupaya untuk menaklukkannya. Maleficent muda bertemu dengan seorang anak petani muda yang punya impian untuk tinggal di kastil dan menjadi raja di sana.


Pertemuan itu membuat Maleficent jatuh cinta terhadap sang petani muda yang bernama Stefan. Waktu terus bergerak namun maleficent masih mengingat Stefan, sementara Stefan semakin berambisi untuk menjadi seorang raja. Sang raja yang ingin sekali menaklukkan Moor kemudian melancarkan serangan namun dengan mudah ditaklukkan oleh Maleficent dan penghuni Moor lain yang mrupakan makhluk gaib. Kekalahan Sang raja membuat sang raja membuat undian barangsiapa yang bisa membunuh sang penyihir maka akan diberikan tahta kerajaan dan juga putrinya.


Stefan segera masuk ke Moor untuk kembali bertemu dengan Maleficent. Stefan menjebak maleficent dan memotong sayapnya untuk diserahkan kepada raja bahwa dia telah membunuh sang penyihir. Hal ini membuat Maleficent yang dulunya peri baik berubah menjadi jahat, kebencian sangat bsar terhadap raja dan keluarganya.


Tiba saatnya sang raja memiliki putri, semua orang diundang, dan Maleficent dating dengan tiba tiba. Maleficent kemudian memberikan kutukan bahwa sang putrid pada usia 16 akan tertusuk jarum mesin pemintal benang dan hanya ciuman dari cinta suci yang dapat membangunkan. 


Raja Stefan kemudian mengungsikan sang putri, Aurora untuk diasuh dengan tiga peri di tempat yang jauh dari kerajaan.sementara sang raja terus berfokus pada sang Maleficent sehingga tidak memedulikan kerajaan serta sang ratu hingga akhirnya sang ratu meninggal dunia.  Maleficent sendiri terus mengamati sang putri, dari situ timbulah rasa sayang Maleficent terhadap sang putri, namun dia tidak bisa berbuat apa apa karena tidak ada yang bisa menghancurkan kutukan yang telah di buatnya. 


Waktu terus berlalu dan Aurora tidak menyadari bahwa dia selalu mendapatkan pertolongan dari Maleficent, hingga kemudian semua menjadi terkuak tanpa disadari, membuat sang putrid kembali ke kerajaan, namun di sana, Raja Stefan sudah menyiapkan berbagai jebakan besi yang merupakan kelemahan dari maleficent. Sementara kutukan itu menjadi nyata karena sang putri kemudian tertusuk oleh jarum pemintal benang.

Jika umumnya cerita berkisah bagaimana sang pangeran mencium sang putri kemudian sang putri maka di film ini, jalan cerita mendapatkan perubahan, sang pangeran mencium sang putri namun tidak terjadi apapun. Justru ciuman dari Maleficent yang membuat sang putri menjadi terbangun. Di Luar Raja Stefan beserta sudah siap untuk menyambut Maleficent karena obsesi sang raja untuk melenyapkan Maleficent. 


Film ini secara jalan cerita ya standar saja, ringan dan mudah dicerna, harap maklum saja, kan dibuat oleh Disney yang umumnya untuk konsumsi anak anak jadi jalan cerita juga tidak terlalu ribet. Belum lagi visual effect yang sangat memanjakan mata dan cukup bagus, itu yang menjadi daya tarik. Acting Angelina Jolie menurut saya luar biasa. Kecantikannya jujur sangat menakutkan dan sangat pas untuk peran ini. Dari seorang peri yang baik menjadi seorang peri jahat dengan ekspresinya yang sangat pas.  Kalau acting tokoh lain jujur saya menurut saya kurang menggigit. Pemeran Raja Stefan juga kurang pas menurut saya, tapi ya sudahlah, dinikmati saja.


Karena film ini merupakan jalan cerita dari sudut pandang yang lain, maka harap maklum dengan sedikit jalan cerita yang melenceng, tapi keseluruhan cukup menghibur sih, walau saya agak kaget saja karena saya menonton premierenya di hari senin tapi yang menonton hanya seperempatnya kursi bioskop tidak ada, apdahal gembar gembornya sangat kencang bahwa film ini akan menarik banyak penonton, mungkin karena waktunya yang kurang pas kali jadi terlihat sepi..


Judul     : Maleficent , pemain Angelina Jolie, Walt Disney, 2014

No comments:

Post a Comment