Labels

Thursday, February 5, 2015

Mengintintip Kehidupan seks para paus



Judul buku :                                  : Rahasia kehidupan seks para paus
Pengarang                                          ; Nigel Cawthorne
Penerbit                                              : Alas Publishing
Tahun terbat                                      : Februari 2007
Jumlah halaman                               : 284 Halaman
               
Judul bukunya sangat bombastis, dan pasti akan mengundang penasaran siapapun yang sekedar membaca judul bukunya, termasuk saya  yang melihat judulnya di perpustakaan umum. Saya langsung teringat pada pelajaran agama saya waktu masih SMA, bagaimana munculnya Kristen protestan karena situasi gereja saat itu, dan mungkin begitu saya menghubungkan dengan judul buku ini, ada hubungannya dengan protes yang dikemukakan oleh Martin Luther.
                Buku ini menceritakan bagaimana kehidupan seks para paus yang ada. Sebagai seorang pemimpin agama yang sekarang selibat, tentu saja orang menjadi penasaran seperti apa kehidupan paus zaman dulu, apakah benar benar selibat?
Memang paus tidak ada yangmenikah secara resmi, tapi mulai awal munculnya hingga munculnya protestan, Paus sudah biasa memiliki gundik dan wanita simpanan, tidak ada yang resmi. Kehidupan di Dalam gereja benar benar penuh dengan intrik, seks dan uang. Paus dan cardinal serta pendeta berlumba lumba untuk menumpuk kekayaaan sebanyak banyaknya bahkan untuk menjadi seorang paus pun bisa dengan menyogok para cardinal, atau para cardinal yang bisa memiliki posisi sebagai seorang cardinal melalui sogokan atau Karen ada hubungan darah dengan Paus, entah saudara atau anak anaknya (dan ini banyak terjadi) atau justru pasangan gay sang paus.


Hmmm, bahkan pada masa itu bukan hal yang aneh apabila, seorang pria memiliki anak istri namun juga memiliki hubungan special dengan seorang laki laki, tak terkecuali  seorang paus sendiri, ada contoh paus yang gay, misalnya Paus Paulus II, Julius II, Paulus III. 

Dalam buku ini juga di jelaskan ada satu bab khusus mengenai seorang paus perempuan yang dikenal dengan Paus Joan. Angka tahunnya masih menjadi perdebatan dia ada pada tahun berapa karena dia sangat singkat menjadi seorang paus, yang ketahuan kalau dia wanita karena sedang menunggang kuda kemudian melahirkan di jalan. Walau tahun nya masih kontroversi tapi gereja mengakui pernah ada paus wanita. 

Hmmm, kebetulan saya juga memiliki novel berjudul Paus Joan ini, walau belum membaca sampai rampun sih. Yang intinya Joan yang bernama gilberta itu seorang yang sangat cerdas anak seorangpendeta namun karena dia wanita maka dikekang dan ayahnya lebih memusatkan perhatian pendidikan untuk saudara laki lakinya. Tapi dia mampu masuk ke lingkungan vatikan dengan meggunakan identitas saudaranya.

Sejarah paus juga penuh dengan pertumpahan darah. Tidak jarang paus yang lama di bunuh oleh orang lain kemudian digantikan oleh Paus yang baru. Ataau seorang paus yang menginginkan uang dalam jumlah tinggi , misalnya Paus Alezander VI yang menjual jabatan cardinal kemudian cardinal tersebut diracuni dan jabatan itu di jual lagi kepada orang lain. Paus Klemen VII yang menyogok sebesar 60.000 ducat kepada cardinal agar menjadi paus.  Sejarah Paus tidak bisa di lepaskan dari keluarga Borgia dan De Merici karena mereka sangat berperan penting dalam posisi itu, banyak dari keluarga ini yang mampu menjadi seorang paus.
Pada masa itu akhirnya hal yang lumrah saat semua pemimpin agama Kristen memiliki anak istri atau lebih tepatnya wanita simpanan sehingga Paus Pius IV (1559-1565) pernah disarankan oleh kaisar Ferdinan agar mengizinkan pendeta untuk menikah agar bekelakuan baik namun hal ini di tolak karena beberapa pertimbangan, misalnya berdasar konsili vatikan dikatakan bahwa membujang /perawan tetap lebih baik disamping untuk menyelamatkan asset gereja dan untuk kesetiaan pendeta.

Jika di masa sebelumnya keberadaan gundik itu dirahasiakan, maka Paus Gregorius XIII secara terbuka menyatakan memelihara Gundik.da juga paus yang melarang perempuan untuk pentas dan mengganti dengan castrati pada zaman Paus Innosensius XII. Pada masa lampau untuk menutupi keburukan seorang paus dengan paus lain, maka bisa jadi dalam sejarah gereja ada dua Paus dengan nama yang sama, misalnya 2 paus dengan nama benediktus XII, 2 benediktus XIV, 2 Klemen VII, 2 Klemen VIII. Karena itu, saat menanykan kehidupan paus Klemen VII misalnya, maka kita harus tau pada tahun berapa mereka memerintah karena bisa persepsi orang akan mengingta paus yang lain dengan nama yang sama.
Yah, itulah sekelumit ccerit tentang paus dari masa ke masa. Selamat membaca  buku ini secara keseluruhan, hanya saja buku ini sepertinya di buat untuk menelanjangi sejarah masa lalu dari vatikan, tapi ya itulah sejarah saya sebagai pemeluk agama Kristen. salam

No comments:

Post a Comment