Judul buku :
Mental Detox, improve your personal intelligence
Pengarang :
Anthony Dio Martin
Penerbit :
Libri Jakarta
Tahun terbit :
2012
Jumlah halaman :
235 halaman
Detox? Hmmm, bagi banyak orang sangat terkait dengan
pembersihan dari racun dan selalu dikaitkan dengan pembersihan racun dari dalam
tubuh atau biasa disebut body detox, tapi ternyata mental kita juga harus
dibersihkan dari hal hal negative sehingga dikenalah istilah Mental detox.
Mental detox melalui buku ini bisa dilakukan empat langkah, yaitu putuskan
untuk berubah menjadi pribadi yang positif dan akan membaca yang positif;
mulailah membaca serta fokuslah pada hal hal positif saja dan abaikan hal yang
negative;komentari hal yang and abaca dan beri tanda; berbagailah kepada orang lain
tentang hal yang anda ketahui dari buku ini.
Buku ini terbagi menjadi tujuh bab secara umum yang semuanya
terbagi lagi menjadi sub bab yang
merupakan artikel artikel yang pernah dimuat di surat kabar kemudian dipilih
yang terbaik dan relevan sesuai judul bab.
Bab pertama berbicara
tentang kesuksesan. Hal ini sangat terkait dengan passion yang kita miliki. Semakin besar passion yang kita miliki, peluang untuk berhasil juga sangat besar.
Hal yang tidak boleh dillupakan adalah prinsip kerja ekstra, bukan kerja keras
atau kerja cerdas, karena kerja cerdas seolah olah menggambarkan kemalasan,
tapi kerja cerdas dan kerja keras harus digabungkan agar hasilnya menjadi
maksimal. Untuk bisa sukses, kita juga harus berani berpetualang dan
meninggalkan zona nyaman. Kita tidak boleh puas dan nyaman dengan hal yangan
tidak berani melakukan hal hal yang baru serta terllu perhitungan dengan
semangat kita yang dulu. Namun berpetualang disni bukanlah petualang seorang
penjudi , tapi petualangan yang sudah dikalkulasikan resikonya aau disebut
dengan calculated risk. Dan untuk itu
harus ada back up plan. Untuk sukses
membaca merupakan suatu keharusan hal ini dkarena dengan membaca akan
memberikan ide ide baru, karena itu cari buku yang sesuai dengan hal yang kita
sukai dan tentu saja berkualitas bukan sekedar asal baca buku.
Untuk berhasil ada lima sukses personality trait yang perlu kita pahami, yaitu emotional intelligence, kegigihan serta
keyakinan diri, kreativitas, kemampuan untuk mengelola rasa takut, dan yang
terakhir adalah semangat terus bertanya dan menggali. Kita juga harus memahami,
sukses itu untuk apa, karena kalau kita tidak memahami tujuan untuk berhasil,
maka keberhasilan juga akan sukar. Apabila orang tidak memahami langkah langkah
yang harus dilakukan setelah sukses maka akan mengalami self sabotage, self pride dan self worshiping. Self sabotage percaya bahwa dirinya sebenarnya tidak layak untuk
sukses, self pride adalah suatu
bentuk kesombongan yang merendahkan orang lain, dan self worshiping adalah bentuk keinginan untuk dipuja dan dihormati.
Nah, untuk sukses itu juga ada biayanya, biayanya yaitu disemutin, diliatin,
diomongin, dijahatin. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut ada beberapa cara,
kita harus paham dan siap akan adanya risiko kesuksesan atau harga yang harus
dibayar. Kemudian kita ubah biaya biaya kesuksesan tadi menjadi nilai tambah
danmanfaat bagi anda, dan terakhir kita menyadari bahwa tidak semua kesuksesan
itu haus dibayar dengan biaya yang telah disebutkan, maka pentingnya self talk
untuk menyingkirkan hal hal negative tentang kesuksesan diri serta selalu
berpikir hal hal positif apa saja yang dapat kita lakukan karena kesuksesan
tersebut. Masalahnya untuk sukses itu
tidak ada yang gratis, da hal hal yang harus dikorbankan. Hal ini mencakup
mengorbankan kesenangan, waktu dan uang.
Bab kedua tentang
bina relasi dan hubungan. Hal pertama menyangkut tenang pekerjaan, jangan
pernah membakar “jembatanmu”. Jika kita sebagai bawahan yang berpindah tempat
maka jangan pernah menjelekkan perusahaan atau atasan yang lama. Ada a kita
teberapa alasan, yang pertama kita tidak tahu masa depan dan kita jangan
menciptakan musuh. Bisa jadi kita membutuhkan bos atau perusahaan lama untuk
masa depan atau kita membutuhkan referensinya. Tanpa sadar ketika menunjukkan kejelekan suatu perusahaan
, orang atau tempat yang pernah kita lewati sebenarnya kita justru sedang
menunjukkan kesalahan dan kebodohan diri sendiri yang dulu memutuskan untuk
melewati jembatan tersebut. Selalu bersyukur, termasuk itu adalah pada bekas
jembatan kita karena kita harus menyadari apa yang kita raih tidak akan
terwujud tanpa adanya jembatan itu.
Dalam suatu hubungan juga ada yang namanya sindrom peter
pan, sindrom yang menunjukkan seseorang yang tidak pernah menjadi dewasa atau
kekanak kanakan sehingga selalu menghindari situasi dimana dia harus mengambil
suatu keputusan. Ini isangat terkait dengan bagaimana seseorang dididik sejak
kecil. Pertama, anak dididik secara otoritersehingga menjadi penakut dan tidak
berani mengambil keputusan atau risiko apapun, kedua anak dibesarkan dalam
lingkungan yang sangat protektif. Untuk mengatasi sindrom ini harus selalu step
by step.
Dalam suatu hubungan juga akan tercipta suatu gossip. Gossip
memang buruk, namun bagaimana kita bisa mengolahnya dan mendayagunakan gossip
untuk kepentingan kita. Orang yang tidak digosipkan biasanerkariya jarang
dikenal. Di dunia perusahaan, orang yang dibicarakan oleh atasan biasanya orang
yang punya peluang naik karirnya atau justru terhambat. Namun orang yang tidak
pernah dibicarakan jelas karirnya tidak akan kemana mana. Inilah yang akhirnya
diikuti oleharus dih para public figure
semacam entertainer, karena tidak dibicarakan berarti sudah dilupakan. Dan kita
memang harus digosipkan, tapi fokuskan pada hal hal yang positif, keunikan yang
kita miliki, bukan hal hal negative yang dibicarakan banyak orang.
Agar hubungan berhasil dengan baik, maka kita harus
menghindari komunikasi sekak mat seperti layaknya permainan catur, karena
komnikasi seperti ini justru akan menghambat langkah kita dan menutup peluan
guntuk komunikasi lebih jauh. Contoh komunikasi sekak mat seperti sang istri
yang mengatakan bahwa anaknya ada masalah di sekolah dan sang suami langsung
menyalahkan sang istri yang tidak bertanggung jawab.
Kritik adalah sesuatu yang tidak baik karena hanya
menjatuhkan, aka kita harus focus bagaimana meberikan kritik yang membangun.
Hamper 80% kritik yang kita dengar adalah kritik yang bersifat mnjatuhkan.
Kritik membangun adalah kritik dimana kita meberikan jalan keluar dari masalah
tersebut, konsep kritik membangun adalah positif negative positif, artinya kita
mengkritik apa yang sudah dilakukannya, memberikan masukan masukan apa yang
harus dilakukan dan member motivasi bahwa orang tersebut bisa melakukannya.
Sayangnya banyak orang yang menerima kritik secara negative.
Bagaimana caranya agar kita menerima kritik secara positif? Kita harus diam dan
mendengarkan kritik tersebut. Kemudian langskah berikutnya kita jangan mencoba
bersikap defensive, ketiga selalu kembali ke tujuan agar sang pengkritik juga
memahami tujuan awal dari suatu hal, dan langkah keempat yaitu focus pada
tindakan selanjutnya. Dan terakhir kita harus menyadari bahwa ketika kerja anda
buruk, bukan berarti anda juga buruk.
Bab ketiga berisi
pengembangan diri, inspirasi dan motivasi. Kita harus belajar tiga hal,
yaitu semangat untuk tidak menyalahkan, semangat untukmencoba lagi apabila
gagal dalam kesempatan pertama dan terakhir adalah semangat tidak menunggu
untuk bahagia, belajar untuk bahagia dan mensyukuri keadaan kita saat ni karna
banyak orang menetapkan suatu standar bahwa dia akan bahagia kalau bla bla bla.
Dalam diri kita juga harus hati hati terhaadap sabotasi diri
kita atau yang disebut dengan sabotasi diri. Hal ini biasanya terjadi karena
kepercyaan dan nilai nilai yang saling bertentangan dengan diri kita dan saat
pikiran sadar dan bawah sadar saling bertentangan maka yang menjadi pemenang
adalah pikira bawah sadar. Untuk mengatasi sabotasi ini kita bisa melakukan
beberapa cara, pertama kita harus analisis hal hal yang bertentangan dalam
dirikita, kemudian mencoba menyelidiki kapan konflik itu muncul pertama kali
dan apa penyebabnya dan terakhir ajukan pertanyaan untuk menggugat kepercayaan
yang salah dan lihat dari perspektif baru.
Jepang adalah suatu Negara yang hebat dan tidak ada salahnya
kita belajar dari sana dalam hal semangat gambaru.
Intinya adalah semangat jangan manja dan cengeng, sewaktu gempa di jepang,
tidak ada lagu yang menyayat hati atau foto foto mengenaskan agar dapat
mengetuk hati penyumbang seperti halnya di Indonesia. Mari kita melakukan empat
pelajaran untuk melampaui kesulitan yang bisa dipetik dari bangsa jepang dalam
menghadapi bencana, yaitu sedia paying sebelum hujan, dan meminimalkan efek
samping suatu masalah, ketiga lakukan sesuatu yang membangun daripada mengeluh.
Langkah keempat sikap kita bisa meringankan atau memperburuk keadaan, misalnya
pas terjadi bencana kita bukannya antri malah sibuk berebut makanan yang itu
malah semakin memperburuk situasi.
Setiap pilihan akan melahirkan konsekuensi maka kita harus
belajar untuk menerima semua konsekuensi dari pilihan pilihan kita. Karena itu
kita harus membuat pilihan pilihan bijak agar konsekuensi yang tidak diinginkan
bisa diminimalisir. Cara membuat pilihan bijan adalah dengan memikirkan dan
merenungkan sejenak pilihan pilihan yang ada, kemudian yakinkan diri anda bahwa
anda mampu dan berani menanggung resiko ketika konsekuensi terburuk dari pilihan anda terjadi.
Kita belajar untuk menjadi pribadi yang risk taker, risk
taker adalah pribadi yang sudah mengkalkulasi risiko yang akan ditanggung,
bukan tanpa logika. Sikap yang diperlukan dalam pribadi seperti ini adalah risk taking dan risk making, risk taking umumnya berbentuk what if alias bagaimana seandainya, sementara risk making adalah what
happen if atau apa yang akan terjadi seandainya.
Menjadi individu haruslah pribadi yang unik dan berbeda. Ada
12 tips untuk menjadi berbeda, pertama yaitu menjadi seorang revolusioner,
seorang innovator, seorang yang kreatif, seorang performer,seorang pencari atau seeker, seorang visioner,
seorang yang indipenden, seorang yang bijaksana, seorang pemimpin, seorang agen
perubahan, seorang yang berkomitmen, dan yangterakhir menjadi seorang yang
autentik. Namun haruslah kita menjadi pribadi yang berbeda secara konstruktif
alias positif, bukan berbeda yang destruktif.
Bagaimana menjadi seseorang dengan mentalitas seorangpenemu?
Hmmmm apa ya . kita bisa belajar melatih mata inspirasi kita. Hal ini bisa
terjadi dalam kehidupan sehari hari, hal yang mungkin tidak diamati oleh orang
lain karena bisa jadi hal hal ditemukan karena kasus yang sederhana, misalnya
penemuan tipeks gara gara sang penemu bingung melihat tulisannya coret coret
dan berbekal pengalamannya sebagai seorang seniman akhirnya dia pakai cat untuk
menutupi tulisan yang salah. Dan kita
juga harus belajar untuk tidak mudah menyerah. Latar belakang yang berbeda
justru berguna untuk menjadi seorang penemu. Seperti tadi yang saya katakana
sekretaris dengan latar belakang seni menemukan tipeks, atau pisau lipat serba
guna yang justru ditemukan seprang pemancing.
Ada tiga faktor yang menyebabkan hilangnya motivasi.faktor
pertama adalah ketidak yakinan (lack of confidence). Sering sekali banyak dari
kita yang tidak yakin dengan goal yang kita buat untuk dapat di capai. Yang
kedua adalah tidak memiliki kejelasan focus (lack of focus). Cirri yang kedua
umumnya semangat di awal namun di tengah jalan menjadi bosan dan terhenti di tengah jalan. Dan yang terakhir adalah lack of direction
atau tidak tahu apa yang harus dikerjakan.
Bab keempat berbicara
tentang pembelajaran kecerdasan emosional. Hal ini penting karena untuk meningkatkan
kmampuan SDM haruslah dibantu dengan EQ, termasuk bangsa ini. Kita harus
menghindari EQ jongkok. Ada lima tanda bahwa seseorang memiliki EQ jongkok,
yatu bersikap egois, sudut pandangnya sangat self oriented atau ego
perspective, ketiga bersikap cenderung egois saat mendengarkan orang lain
karena suka menginterupsi pembicaraan orang. Dan cirri keempat adalah kepentingnya
sering berbenturan dengan kepentingan orang lain, dan cirri yang terakhir
adalah kesenangannya untuk menyiksa, melukai dan menipu orang lain demi
kepentingannya sendiri. Bukan berarti EQ
jongkok tidak sukses, justru banyak EQ jongkok yang sukses namun kesuksessannya
tidak akan bertahan lama karena dia seolah olah menanam bom waktu karena banyak
orang yang membencinya. Bagi yang merasa EQ jongkok harus melakukan 5 proses
re, yaitu rethink, re format, re place,
re-act, dan re flact.
Sesuatu dianggap sebagai suatu bencana/kesialan atau kealpaan itu tergantung. Seringkali kit
amengatakan suatu bencana , padahalbisa jadi itu bukanlah bencana tapi kealpaan
kita. Yang membedakan adalah bencana itu merupakan sesuatu yang tidak bisa kita
hindari, sementara kealpaan adalah sesuatu yang terjadi karena kesalahan
manusia. Contoh sederhana, seorang anak yang menggerutu sial karena dapat nilai
jelek, tapi dimata orang lain itu bukan salah ulangannya tapi karena sang anak
yang tidak belajar. Atau seringkali terjadi bencana banjir, tapi harusnya
disebut kealpaan karena banjir tersebut terjadi bukan karena alam, tapi karena
manusia yang semakin banyak tidak peduli dengan lingkungan. Karena itu untuk
mengurangi kealpaan kita, maka kit aharus belajar untuk mengambil kendali dan
tanggungjawab.
Jangan terjebak dalam kehidupan kartu pos, yaitu suatu
gambaran yang terlihat indah namun faktanya tidak seperti itu. Untuk
menghindari hal ini , lebih baik kita tidak peru dengan kehidupan orang lain
dan tidak perlu menciptakaan kehidupan yang penuh kepura puraan untuk bisa di
terima dalam masyarakat. Tapi jalani kehidupan anda yang autontik. Belajar
untuk menampilkan citra diri apada adanya dan tidak pura pura.
Sebagai manusia kita juga harus belajar untuk menyelesaikan unfinished business dalam hidup kita. Sesuatu
yang kita anggap sudah selesai di masa lalu tapi ternyata tidak terselesaikan
dengan baik, entah itu pekerjaan, atau cita cita atau masalah yangbelum
terselesaikan dan kita berpikir bahwa seiiring berjalannya waktu itu semua akan
selesai dengan sendirinya namun salah. Ada beberapa cara untuk
menyelesaikannya, yaitu buatlah daftar hal hal yang belum kita selesaikan di
masa lalu, kemudian hadapi ketakutan dan masalah masalah anda tersebut. Yang ketiga,
mulai lakukan hal hal untuk menyelesakan hal tersebut dan keempat berjanjilah
dalam kehidupan anda di masa yang akan datang mengenai apa yang akan dlakukan
dan tidak dilakukan ketika menghadapi situasi dan kondisi yang sama serta yang
terakhir cobalah untuk melihat apa pembelajaran dan hal hal yang dapat dipetik
dari pengalaman menyelesaikan unfinished business tersebut.
Dalam hidup manusia ada lima hal yang paling disesali, yang
pertama bnyak orang yang menyesal karena hidupnya hanya untuk menyenangkan
orang lain.kedua hal yang disesali adalah “saya bekerja terlalu keras.” Ketiga adalah
“ saya berharap bisa mengekspresikan perasaan saya lebih baik.” Keempat andaikan
akulebih banyak menjaga hubungan baik dengan teman dan sahabat lamaku.” Serta yang
terakhir adalah pernyataan ,” kenapa saya tidak memilih untuk hidup lebih
bahagia.” Dan untuk menghindari atau mengatasi penyesalan itu adalah membaca
berulang ulang kelima penyesalan utama itu kemudian mulai membuat komitmen dan
rencana serta yang terakhir adalah membagikan kelima penyesalan utama itu
kepada rekan rekan atau atau teman terdekat sehingga mereka mulai menghidupi
komitmen dn impian yang sama.
L-faktor? Apa itu L factor? Itu adalah likeability atau faktor disukai dan faktor ini seringkali menjadi
kunci sukses seseorang. Ada lima cara untuk menakkan L-factor anda, yaitu faktor keramahan yang mencakup kemudahan anda
untuk tersenyum dan didekati. Kedua, faktor koneksi, yaitu mencakup bisa
nyambung dengan apa yang orang lain katakana. Ketiga; faktor kepekaan, dalam
hal ini kemampuan empati. Keempat ,faktor ketulusan yang Nampak kala kita
melakukan sesuatu apa adanya, bukan ada apanya.
Seringkali kita berfokus kekayaan uang semata, padahal
sejatinya hidup kita memiliki delapan jenis kekayaan, hal ini mencakup inner wealth yang berhubungan dengan ketenangan
dan kedamaian hati. Physical wealth
yang berhubungan dengan kesehatan. Family
wealth berhubungan dengan hubungan kita dankeluarga kita. Career Wealth berhubungan dengan
kepuasan dan kebahagiaan kita dan pekerjaan yang kita tekuni. Kekayaan ekonomi,
ini yang paling banyak dibahas. Keenam yaitu kekayaan hubungan dan pergaulan yang dinilai berasarkan relationship dan
network. Serta kekayaan pengalaman hidup dan yang terakhir adalah kekayaan
pengaruh sekitarnya yang berhubungan dengan pengaruh yabg kita berikan pada
orang orang di sekitar kita.
Setiap orang memiliki personal productivity yang berbeda
beda. Secara umum dibagi menjadi tiga siklus, yaitu suklis waktu kualitas satu
, yaitu waktu yang sangat berharga sehingga harus digunakan untuk hal hal yang
sangat membutuhkan focus. Kemudian yang kualitas dua yangbiasanya energy mental
sudah menurun sehingga harus digunakan untuk hal hal yang tidak terlalu
membutuhkan imajinasi dan konsenstrasi tinggi, yang terakhir adalah kualitas
tiga , dimana kita terkuras secara fisik dan mental maka harus digunakan untk
hal hal yang ringan, remeh. Bisai jadi kualitas satu seseorang pada pagi hari,
di sisilain, orang lain ada pada malam hari. Itu harus dipahami dengan baik
oleh semua orang.
Dalam bab lima ada
etos kepemimpinan. Ada lima level kepemimpinan yang sejati. Level pertama
adalah position, dan ini merupakan level paling rendah. Orang mengikuti anda
karena tidak ada pilihan lain dan bawahan tidak merasa betul betul memiliki atasannya.
Kedua adalah permission dimana sudah
ada hubungan dan kesediaan. Orang mengikuti karena ingin, bukan karena harus,
namun jika pemimpin terlalu lama di level ini, maka kinerjanya akan menurun
walau dia popular dan hubungannya baik dengan karyawan sehingga setiap
pemimpibn tidak boleh terlalu lama di level ini. Ketiga, adalah level production. Level ini berbicara pada
pandangan tentang anda di mata manajemen, itu sangat berbeda dengan level dua
yaitu pandangan anda di mata karyawan. Disini orang mulai melihat output yang
dihasilkan setelah anda memimpin. Keempat yaitu level pengembangan orang
(people development) di level ini seorang pemimpin banyak melakukan coacing, counseling, mentoring karena
dia menyadari bahwa dia tidak bisa menjadi sukses sendirian. Level yang paling
tinggi adalah level menginspirasi. Kelebihan
level ini, walau sang pemimpin sudah meninggal, semangat dan nilai
kepemimpinannya masih sangat dirasakan.
Dalam sebuah pekerjaan, ada kalanya kita harus mendelegasikan
pekerjaan kita, bukan melemparkan pekerjaan kita ke bawahan. Mendelegasikan memiliki
fungsi agar bawahan bisa bertumbuh di sisi
lain kita bisa berfokus pada hal hal yang lebih strategis (bukan supaya
kita menjadi lebih santai). Bawahan bisa membedakan apakah itu melempar
pekerjaan atau mendelegasikan.
Mendoakan bisnis pesaing? Kedengarannya sangat aneh, namun
ternyata di dunia sekuler seperti ini . naun ada keuntungan dibalik ini semua
dan harus kit abangun sikap seperti ini, yaitu kita mengarahkan energy sesuatu
yang membangn, bukannya merusak. Kemudian yang kedua lebih baik memikirkan
untuk bekerja sama menciptakan proyek yagn lebih besar daripada menghancurkan
pesaing. Sementara faktor ketiga adalah membuat hidup kita sebagai pebisnis
menjadi lebih damai dan sejahtera. Mendoakan bukan berarti lembek, namun
filosofi ini menunjukkan bahwa diri kita matang dan inilah sifat petarung
sejatu. Di era globalisasi ini, usaha usaha yang dilindungi pemerintah
cenderung tidak berkembang bahkan mati karena mereka berada di zona nyaman
mereka, sementara competitor yang berhasil umumnya yang tidak dilindungi oleh
pemerintah.
Bab yang terakhir bicara tentang tips tips umum. Mari kita
belajar untuk membaca dan mengumpulkan kata kata mutiara
dan terinspirasi dari kata kata ini, karena kata kata mutiara umumnya
terbentuk dari pengalaman hidup seseorang. Kemudian kita juga harus membiasakan
dri untuk mendokumentasikan hidup kita. Dan
marilah menjadikan makanan sebagai obat kita, bukan obat sebagai makanan kita. Kita
harus menjaga apa yang akan kita makan.
No comments:
Post a Comment