Labels

Thursday, March 29, 2018

isu diskriminasi dan rasial dalam Australia (2008)


Apa yang anda lakukan , sebagai ibu, jika anak anda akan dipisahkan karena mengikuti program pembauran secara paksa oleh pemerintah?

Saya kembali menonton film lama, berjudul Australia yang tayang tahun 2008 dengan bintang utama Nicole Kidman Serta Hugh Jackman dan sutradara asal Australia Baz Luhrman. Dulu sih sebenarnya pernah menonton, namun karena jalan cerita yang menarik perhatian, terutama isu rasial di dalamnya akhirnya saya mencoba kembali menikmati film dengan durasi lebih dari dua jam ini (dan hati selalu deg degan kalau melihat film yang terlalu panjang, bisa kuat nonton gak gitu)

Film ini diawali dengan kedatangan Lady Asley dari England ke Darwin untuk membantu peternakan SUaminya, Lord Maitland Asley yang dikenal dengan nama Faraway Downs. Sesampai disana, ternyata Lord Asley terbunuh dengan dugaan dibunuh orang aborigin bernama King Georges. Lady Asley harus membawa seluruh ternaknya menuju Darwin untuk dijual ke militer yang sedang bersiap siap menghadapi Jepang. Disisi lain, saingan peternakannya, Carney, berusaha menghalanginya dengan berbagai cara melalui bantuan Fletcher, bekas pegawai Lord Asley yang kemudian dipecat oleh Lady Asley.


Lady ASley berhasil membawa ternak-ternaknya ke Darwin dengan bantuan Drover dan teman temannya. Sementara itu terbongkarlah kejahatan Fletcher. Namun Fletcher akhirnya membunuh Carney dan menikahinya puterinya,Cat, sehingga mewarisi kekayaan Carney. Saat terjadi perang dengan Jepang, Darwin diserang habis habisan, dan yang diserang pertama kali adalah Mission Island, tempat anak anak campuran aborigin yang dipisahkan oleh negara ditempatkan, Drover berusaha untuk menyelamatkan anak anak tersebut, terutama Nullah.

Saya suka di awal film dengan logat Lady Asley yang British habis. Apalagi latar belakangnya yang ningrat. Berhadapan dengan berandalan seperti Drover membuat dia kaget pertama kali. Namun perlahan tapi pasti benih benih cinta muncul diantara mereka. Apalagi mereka dipersatukan oleh ternak ternak yang harus diselamatkan. Disamping itu ada Nullah yang ternyata merupakan anak haram dari Fletcher. Nullah berkali kali diceritakan selalu bersembunyi di dalam penyimpanan air, kala ada polisi datang untuk mencoba mencarinya. Ini yang saya cari, kisah tentang anak ini lah yang saya ingin gali lebih dalam.

Ternyata memang ada kebijakan dari Australia yang memisahkan anak anak aborigin dari kelompok Mix campuran untuk dipisahkan dari orangtuanya dan dididik seperti orang barat untuk melayani orang barat. Ungkapan rasis pun saya temukan di film ini, sebutan creamy, karena warnanya yang coklat. Tidak putih dan juga tidak hitam. Bagaimana Lady Asley berusaha untuk melepaskan Nullah dari aturan tapi melawan aturan negara merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Apalagi Lady Asley  sudah mengangkat Nullah setelah ibunya tewas tenggelam kala bersembunyi dari kejaran polisi.
Tujuan dari proses pembauran ini agar kaum aborigin ini bisa membaur dengan orang kulit putih tapi pada praktiknya terjadi pemaksaan. Kaum ini pada akhirnya sudah tidak mengenali budayanya sendiri dan dikenal dengan generasi yang dicuri. Kebijakan ini baru dihapus di tahun 1973. Pemerintah Australia sendiri secara resmi menyampaikan permintaan maaf terkait dosa masa lalu tersebut. Kebijakan ini juga melibatkan gereja. Paling bĂȘte kala melihat pendeta pendeta yang sok benar bahwa anak anak itu akan aman aman saja di Mission Island padahal pulau itu merupakan pulau yang pertama kali bakal digempur Jepang kalau menginvasi Austalia. Mungkin pada waktu para missionaris menganggap diri mereka benar, baik budaya dan agamanya, dan menganggap budaya lain dalam hal ini kelompok aborigin lebih rendah.

Diskriminasi lain yang saya amati adalah adanya tokoh Goolaj yang merupakan keturunan aborigin dan tidak diijinkan untuk masuk ke bar oleh bartendernya. Hmmmmm, sudah anak anak aborigin yang campuran diambil secara paksa, yang asli juga tidak mendapatkan hak hak sebagaimana mestinya. Cuma saya penasaran apakah kasus generasi yang dicuri hanya melibatkan anak anak aborigin campuran atau semua anak aborigin yang lahir pada era tersebut? Mengingat setting ini dimulai tahun 1939 dan saat itu mulai ada kebijakan mengambil anak anak sampai 1973 berarti sudah terjadi 30 tahun era yang hilang. Hmmmm

Tokoh yang paling menyebalkan adalah Fletcher. Sesudah dia menyingkirkan Maitland Asley, mengkambinghitamkan King George, kemudian menyingkirkan King Carney untuk bisa mendapatkan anaknya. Setelah jalan lurus, dimana perilakunya diketahui oleh king Carney dan membatalkan perkawinannya dengan puterinya, maka Fletcher membunuhnya. Hingga pada akhirnya Fletcher ingin membunuh Nullah karena kutukannya dahulu terhadap fletcher, apalagi istrinya akhirnya meninggal sesudah serangan dari Jepang yang menurut Fletcher, hidupnya tidak akan tenang sebelum NUllah dibunuh.

Tokoh Nullah, aku suka, aktingnya benar benar hidup mampu menjiwai sebagai seorang anak aborigin yang  terus bergerak melarikan diri, melindungi ibunya, sekaligus membenci Fletcher, musuh dan juga ayah biologisnya. Tidak kaget kalau dia mendapat perhargaan lewat film ini.
Melihat Australia, melihat eksotisme Australia masa lampau. Maka tidak ada salahnya anda menonton kembali film itu.

No comments:

Post a Comment